Kriteria Kelulusan Ujian Nasional

Kriteria Kelulusan Ujian Nasional berdasarkan Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional tahun ajaran 2013/2014 adalah sebagai berikut :
  1. Peserta didik dinyatakan lulus SMA apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai Sekolah.
  2. Nilai Sekolah sebagaimana dimaksud pada nomor 1 diperoleh dari gabungan antara nilai Ujian Sekolah dan nilai rata-rata rapor semester 3, 4, dan 5 dengan pembobotan 30% untuk nilai Ujian Sekolah dan 70% untuk nilai rata-rata rapor.
  3. Kelulusan peserta didik dari UN ditentukan berdasarkan NA.
  4. NA sebagaimana dimaksud pada butir nomor 3 diperoleh dari gabungan Nilai Sekolah dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dengan Nilai UN, dengan pembobotan 40% untuk Nilai Sekolah dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% untuk Nilai UN.
  5. Skala yang digunakan pada Nilai Sekolah, Nilai Rapor dan Nilai Akhir adalah nol sampai sepuluh.
  6. Pembulatan nilai gabungan Nilai Sekolah dan Nilai Rapor dinyatakan dalam bentuk dua desimal, apabila desimal ketiga > 5 maka dibulatkan ke atas.
  7. Pembulatan nilai akhir dinyatakan dalam bentuk satu desimal, apabila desimal kedua > 5 maka dibulatkan ke atas.
  8. Peserta didik dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata dari semua NA sebagaimana dimaksud pada butir nomor 5 mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol).
  9. Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditetapkan oleh setiap satuan pendidikan melalui rapat dewan guru berdasarkan kriteria kelulusan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Entri Populer